Membangun Karier dan Menulis Resume

Membangun Karier dan Menulis Resume 

Membangun Karier dalam Keterampilan Komunikasi

Memiliki keterampilan yang telah anda pelajari dalam penelitian, perencanaan, dan penulisan akan membantu setiap langkah anda.

Memahami Dunia Kerja yang Dinamis Saat ini

Pada saat ini kejadian sosial, politik, keuangan serta kebijakan pemerintah mengubah kondisi kerja setiap tahunnya. Sehingga sangat memungkinkan apabila keadaan bursa kerja saat ini tidak dapat dirsakan lagi pada tahun mendatang. Akan tetapi kita dapat mempertimbangkan beberapa kekuatan yang dapat membuat kita memperoleh keberhasilan pada bursa kerja di tahun mendatang.

  • Stabilitas, Dunia kerj saat ini sangat dipengaruhi globalisasi, merger dan akuisisi, mentalitas jangka pendek yang didorong oleh tuntutan pemegang saham, pergolakan etika, dan upaya tanpa perasaan untuk megusahakan biaya lebih rendah.
  • Bekerja di satu perusahaan, sangatlah sulit untuk mengabaikan tawaran menarik ditempat kerja yang baru, namun begitu juga dengan pihak perusahaan yang kesulitan dengan mengatasi jumlah pekerja yang tidak simbang dengan pemasukan perusahaan.
  • Pertumbuhan bisnis kecil, bisnis kecil dapat menjadi alternatif bagi para pekerja yang      sudah merasakan kejenuhan karena harus mendengarkan perintah atasan, terutama bisnis kecil yang dikelola oleh diri sendiri.
  • Peningkatan jumlah kontrakor lepas, bagi beberapa orang yang berpikir bahwa bekerja secara fleksibel, mereka lebih memilih bekerja sebagai kontraktor lepas – freelance dapat juga menjadi konsultan. (memerlukan pengalaman)
  • Perubahan pandangan tentang kutu loncat, hal – hal tersebut membuat kutu loncat tidaklah senegatif dahulu. Akan tetapi bagi perusahaan  perekrutan dan pengintegrasian          karyawan baru memakan waktu dan biaya. Begitu juga perusahaan enggan untuk       melakukan investasi kepada kutu loncat.

 

Bagaimana Pemberi Kerja Memandang Bursa Kerja Saat ini

Pada umumnya pekerjaan saat ini lebih fleksibel daripada masa lalu. Oleh karena itu perusahaan memiliki banyak alternatif yaitu, merekrut pekerja temporer dan kontraktor berdasarkan proyek. Pengalihan pekerjaan juga dapat dilakukan dengan mencari bursa tenaga kerja lebih murah diuar negeri.

 

Apa yang Dicari Pemberi Kerja pada Pelamar Kerja

Pemberi kerja cenderung menginginkan pekerja dengan catatan kerja yang kuat (bukan tipe kutu loncat),  memiliki jiwa kepemimpinan yang cakap dan memiliki keterampilan dan pengalaman kerja yang beragam. Sedangkan bagi lulusan Universitas diharapkan memiliki kepekaan terhadap perbedaan antar budaya dan urusan Internasional.

Beradaptasi dengan Bursa Kerja Saat ini

Kebutuhan ekonomi dan polah tingkat pasar tentu  saja akan banyak mempengaruhi karier anda. Namun suatu tindakan bijaksana untuk memulai pencarian kerja dengan meneliti nilai dan minat sendiri. Yaitu dengan mengidentifikasikan terlebih dahulu apa yang ingin anda lakukan,kemudaian prhatikan apakah anda dapat menemukan posisi yang memuaskan pda tingkat pribadi, dan memenuhi kebutuhan keuangan.

  • Apa yang ingin anda lakukan setiap hari? dalam hal ini anda harus mengetahui pekerjaan dengan rutinitas seperti apakah yang nantinya anda jalankan.
  • Bagaiman anda ingin bekerja? dalam hal ini anda mempertimbangkan berapa besar keleluasaan yang anda inginkan atas pekerjaan, keragaman dan pda hal apa anda dihadapkan.
  • Apakah kompensasi khusus yang anda harapkan? dalam hal ini anda membayangkan  kenaikan seperti apa yang anda harapkan dalam tiap tahunnya? lebih memilih gaji tetap atau komisi?apakah anda bersedia bertahan demi pekerjaan yang anda cintai.
  • Dapatkah anda menetapkan beberapa tujuan karier umum? dalam hal ini anda harus mempertimbangkan pada posisi apa anda ingin memulai dalam bekerja, ke arah mana dan posisi apa yang anda ingin tuju.
  • Berapa ukuran perusahaan yang anda pilih? dalam hal ini anda yang menetapkan untuk    memiih pada perusahaan berskala kecil atau besar yang melakukan ekspansi lintas          negara.
  • Jenis operasional apakah yag menarik bagi anda? dalam hal ini anda memilih bekerja pada perusahaan pencetak laba atau bukan, maupun bergerak dibidang apa perusahaan        tersebut seperti jasa ataupun manufaktur.
  • Fasilitas apa yang anda impikan? dalam hal ini anda lebih menukai gedung tinggi ditengah kota, taman perkantoran pinggir kotaa atau toko dijalan utama.
  • Budaya korporat seperti apa yang paling nyaman bagi anda? dalam hal ini anda akan merasa bahagia pada hierarki formal dengan pelaporan yang jelas atau pun sebaliknya seperti fleksibel.
  • Lokasi apa yang anda sukai? dalam hal ini anda lebih memilih bekerja di kota besar ataupun kota kecil dapat juga di negara lain.

Apa yang Harus Anda Tawarkan

Selain kemampuan dalam bidang akademik, keterampilan, minat serta karakteristik juga merupakan faktor yang dapat menarik pemberi kerja dalam memilih anda. Dengan mencoba mengenali diri anda lebih dalam kita dapat mengetahui kelebihan yang ada pada diri kita sendiri.

Akan tetapi jika kita mengalami kesulitan dalam memahami minat, karakteristik atau kemampuan, disarankan untuk berkonsultasi dengan kantor penempatan kerja universitas. Sehingga dapat membantu anda dalam mmfokuskan pada jenis pekerjaan yang paling sesuai dengan kepribadian anda.

 

Membuat Diri Sendiri Lebih Bernilai

Saat sedang mempertimbangkan apa yang diinginkan dari sebuah pekerjaan, dan apa yang dapat ditawarkan pada pemberi kerja, seorang pencari kerja/calon karyawan dapat mengambil langkah positif menuju pengembangan karir yang sesungguhnya. Langkah positif ini dapat dilakukan sebelum lulus kuliah dan bahkan saat sedang mencari pekerjaan. Berikut langkah-langkah yang dapat ditempuh, antara lain:

  • Simpan portfolio pekerjaan

Portfolio adalah sebuah dokumen riwayat kemampuan serta pengalaman bekerja seseorang. Portfolio merupakan sumber yang sangat baik untuk menulis resume, dan menunjukkan pada pemberi kerja, bukti-bukti nyata profesionalisme pekerja.

  • Cobalah pekerjaan temporary

Mencoba pekerjaan sementara dapat membantu pekerja memperoleh pengalaman berharga, serta memperluas jaringan pertemanan—yang mungkin akan dapat membantu di kemudian hari.

  • Terus memperbaiki dan memperbaharui keterampilan bekerja

Semakin terampil dan professional kemampuan bekerja seseorang, semakin dicari orang tersebut oleh pencari kerja. Maka itu, jika memang ada waktu luang tingkatkan keterampilan dengan cara mengikuti pelatihan ataupun pendidikan akan profesi yang diminati.

  • Ikuti perkembangan industri dan perekenomian saat ini; banyaklah membaca

Buka mata dan pikiran akan keadaan dan perkembangan industri serta perekenomian di dalam negeri atau bahkan keadaan dunia. Hal ini dapat membuat seorang pencari kerja dinilai pro-aktif dan pintar membaca situasi.

 

Mendapatkan Pekerjaan di Dunia Kerja

Setelah mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan pengetahuan dunia kerja saat ini dan potensi peran pencari kerja di dalamnya, sekarang waktunya untuk menyiasati proses yang efisien dan produktif untuk mendapatkan posisi yang ideal tersebut.

­­

Penting untuk memahami bahwa hal yang paling mudah bagi pencari kerja—mencari pekerjaan melalui iklan lowongan pekerjaan—merupakan hal yang paling terakhir dilakukan oleh organisasi dalam usahanya untuk menemukan karyawan baru.

Maka itu, sebaiknya pencari kerja menyikapi hal tersebut dengan cara-cara sebagai berikut, antara lain:

  1. Ikuti perkembangan bisnis dan keuangan untuk mengetahui berita terbaru tentang profesi dan perusahaan menarik.
  2. Cari informasi online, baik tentang perusahaan (latar belakang, profil, press release, informasi keuangan, dan informasi mengenai lowongan pekerjaannya). Dapat juga mengunjungi situs-situs penyedia lowongan pekerjaan.
  3. Perluas networking. Proses perluasan networking ini adalah proses membuat hubungan informal dengan lingkungan yang luas dari kontak bisnis yang saling menguntungkan. Menurut survey, networking merupakan cara yang paling efektif sekarang ini untuk mengdapatkan pekerjaan. Memperluas networking dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja ketika banyak orang berkumpul: di pesta organisasi, pertemuan social, pertandingan olahraga, kegiatan rekreasi, online chat room, milis, reuni alumni, dan sebagainya.

Membuka networking bukan tentang berkenalan dengan banyak orang, kemudian langsung menyerahkan resume begitu saja. Tetapi membuka jaringan pekerjaan merupakan sarana pertukaran informasi yang akan membantu di kemudian hari. Pencari kerja mungkin tidak dapat mendapatkan hasilnya dalam jangka waktu yang cepat, maka itu penting dilakukan sedini mungkin sebagai bagian dari manajemen karir seumur hidup.

Untuk menjadi seorang networker yang bernilai, pencari kerja harus dapat membantu orang lain dengan beberapa cara. Mungkin pengalamannya belum banyak, atau belum mempunyai kontak yang berpengaruh, tetapi dengan aktif mencari banyak industry dan tren dalam pencarian kerja yang dilakukan sendiri, orang tersebut kemudian memiliki informasi berharga yang dapat dibagikan kepada orang lain.

Cari peluang memperluas networking dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kita, baik secara online maupun offline. Baca situs berita, blog dan sumber online lain.

Pastikan untuk mencatat kontak orang-orang dan minat mereka.

  1. Konsultasi dengan penasihat karir.

Lembaga pengembangan karir di universitas kadang menawarkan bimbingan konseling individu, layanan surat pengantar, pameran kerja, wawancara kampus, dan daftar pekerjaan. Lembaga tersebut memberikan calon pekerja saran yang baik untuk penulisan resume, dan bahkan menyediakan workshop mengenai teknik pencarian kerja, persiapan resume, teknik wawancara dan banyak lagi.

 

Menyiapkan Résumé

 

Ketika masuk ke dalam dunia pekerjaan seberapa baik Anda menulis résumé akan menentukan kesuksesan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Kesuksesan ini bergantung pada seberapa teliti Anda merencanakan, menulis dan menyelesaikan résumé.

 

Merencanakan Résumé

Sama halnya dengan pesan bisnis lain, merencanakan résumé berarti menganalisis tujuan dan penerima, mengumpulkan informasi, memilih media terbaik, dan mengorganisasi isi résumé.

 

Menganalisa Tujuan dan Penerima

  •  Résumé merupakan ringkasan terstruktur dan tertulis dari pendidikan, pengalaman kerja dan kualifikasi pekerjaan seseorang.
  • Résumé merupakan bentuk komunikasi persuasif – sebuah iklan yang dimaksudkan untuk menstimulasi minat pemberi kerja untuk bertemu dengan Anda dan memelajari lebih banyak tentang Anda.

 

Mengumpulkan Informasi yang Berkaitan

  • Teliti industri dan perusahaan yang ditargetkan sehingga Anda mengetahui apa yang mereka cari pada karyawan baru.
  • Pelajari berbagai pekerjaan dan apa yang diharapkan.

 

Memilih Media yang Terbaik

  • Kini menulis sebuah résumé tidak hanya terpaku diketik di atas selembar kertas saja, namun lebih bervariasi. Pilihannya bisa berupa media online, résumé multimedia ataupun dalam CD-ROM.
  • Banyak dari pemberi kerja yang memiliki instruksi khusus di situs web mereka mengenai persyaratan serta keterampilan dan atribut yang ingin Anda promosikan.
  • Sebagai contoh: jika ingin melamar untuk posisi penjualan atau sebagai model dari sebuah produk, maka mengirimkan résumé dalam bentuk klip video tentang diri sendiri dalam CD-ROM dapat menjadi sarana pembujuk yang kuat.
  •  Mulailah dengan résumé kertas tradisional dan kembangkan versi teks yang dapat di-scan atau teks sederhana sesuai keperluan

 

Mengorganisasikan Résumé di Seputar Kekuatan Anda

Résumé yang paling berhasil adalah résumé yang menyampaikan 7 kualitas yang dicari pemberi kerja:

  1. Berpikir dengan sudut pandang hasil
  2. Mengetahui cara menuntaskan sesuatu
  3. Matang
  4. Memerlihatkan tanda-tanda kemajuan karir dan perkembangan profesional
  5. Memiliki standar keunggulan pribadi
  6. Fleksibel dan berkemauan untuk mencoba hal baru
  7. Berkomunikasi secara efektif

 

Beberapa Masalah Umum / Kelemahan yang Memicu Bendera Merah dari Pemberi Kerja

  1. Sering berganti pekerjaan
  2. Kekosongan pada sejarah kerja
  3. Tidak berpengalaman
  4. Kualifikasi terlalu tinggi
  5. Bekerja jangka panjang untuk satu perusahaan
  6. Pemecatan karena alasan
  7. Catatan kriminal

 

Beberapa Pendekatan dalam Membuat Résumé

  1. Résumé Kronologis

Bagian pengalaman kerja mendominasi dan ditempatkan di petak yang mencolok.  3 keunggulan kunci pendekatan ini adalah:

  • Pemberi kerja sudah terbisa dan dapat mencari informasi dengan mudah
  • Pendekatan ini menyoroti pertumbuhan dan kemajuan karir
  • Menyoroti keberlangsungan dan stabilitas pekerjaan

2.   Résumé Fungsional

Kadang disebut juga résumé keterampilan, menekankan keterampilan dan kemampuan Anda, mengidentifikasi pemberi kerja dan pengalaman akademis di bagian lebih bawah.

3 keunggulan pendekatan ini:

  • Tanpa harus membaca seluruh deskripsi kerja, para pemberi kerja dapat mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka
  • Anda dapat menekankan pengalaman kerja terdahulu
  • Anda dapat mengurangi penekanan setiap kurangnya kemajuan karir atau masa pengangguran yang panjang

3.   Résumé Gabungan

Résumé ini memasukkan fitur terbaik dari pendekatan kronologis dan fungsional.  Namun, résumé ini tidak umum digunakan dan memiliki 2 kelemahan besar:

  •   Cenderung lebih panjang
  • Bisa berulang jika Anda harus menyusun pencapaian dan keterampilan di bagian fungsional maupun deskripsi kerja kronologis

 

Menulis Resume

 

Pada saat menulis resume dengan mengikuti proses tiga langkah penulisan resume, sebaiknya seorang pelamar kerja memperhatikan 4 kunci penting dalam mengembangkan resume, yakni sebagai berikut:

  1. Menghargai resume dengan baik. Beri perhatian dan perlakukan resume dengan baik sebab sebelum adanya kontak dari perusahaan maka resume adalah satu-satunya representasi dari pelamar dalam melakukan komunikasi awal dengan perusahaan.
  2. Berikan banyak waktu. Jangan menunda untuk mempersiapkan resume hingga detik terkahir, sebaliknya berikanlah banyak waktu untuk mempersiapkan resume sebaik mungkin dengan cara mencoba ide-ide atau frasa-frasa penulisan yang berbeda hingga menemukan pemilihan ide, kata, serta frasa yang terbaik.
  3. Belajar dari model yang baik. Belajarlah untuk membuat resume dari model yang baik dimana hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan riset atau mencari contoh-contoh resume secara online dan dapat juga dilakukan dengan cara berkonsultasi dengan ahlinya atau orang lain yang lebih berpengalaman.
  4. Meminimalisasi frustasi. Pelamar pekerjaan tidak perlu terlalu dipusingkan oleh beragamnya saran yang didapatkannya tentang pembuatan resume, sebaiknya pelamar tetap berpikir jernih dalam memilih alternative pendekatan terbaik yang paling logis dari semua saran yang sudah diterimanya.

Menjaga kebenaran resume

Sudah sangat umum bahwa sebagian besar orang akan melakukan manipulasi kebenaran dalam membuat resumenya agar resume terkesan baik dimata perekrut. Namun pihak SDM  perusahaan juga akan dapat mengetahui kebenaran akan hal-hal yang pelamar coba untuk tutupi dengan cara melakukan penyelidikan langsung saat wawancara terjadi atau penyelidikan secara tidak langsung dengan cara melakukan konfirmasi kepada referensi tempat kerja sebelumnya. Dan utuk menjaga tingkat kebenaran resume sebaiknya jangan menuliskan sesuatu yang pelamar tidak yakin akan kebenarannya.

Beradaptasi dengan pembaca

Resume sebaiknya dapat memberikan kesan positif yang kuat saat dibaca oleh pemberi kerja namun dengan tetap mengindahkan kebenaran informasi sehingga pemberi kerja akan tertarik untuk memberi pelamar kesempatan untuk mengikuti proses perekrutan lanjutan. Untuk itu pelamar perlu untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Mempertimbangkan perspektif pembaca
  • Mencantumkan pencapaian-penncapaian masa lalu
  • Menekankan potensi masa mendatang
  • Menggambarkan keahlian dan pengalaman
  • Mencantumkan pencapaian-pencapaian akademis

Menyusun Resume

Sebaiknya resume dibuat menggunakan gaya sederhana dan langsung (tidak bertele-tele). Hal pertama yang ingin diketahui oleh perusahaan adalah nama dan bagaimana seorang pelamar dapat dihubungi: nama, alamat, nomor telepon, alamat, dan alamat e-mail. Pelamar sebaiknya menjelaskan tujuan pelamaran dan jelaskan kualifikasi dengan menekankan poin terkuat  pelamar. Ketika menjelaskan pengalaman kerja buatlah daftar pekerjaan secara kronologis, dimulai dengan pekerjaan terbaru di urutan pertama. Jelaskan pula pencapaian-pencapaian yang telah diraih pelamar pencapaian akademis jika pelamar belum pernah bekerja sebelumnya.

MELENGKAPI RESUME

 

Melengkapi resume adalah langkah terakhir yang tidak kalah penting. Sebagaimana pesan bisnis lainnya, perlu dilakukan revisi resume, memproduksinya dalam bentuk yang sesuai, dan mengoreksi untuk melihat adanya kesalahan sebelum mendistribusikannya kepada para pemberi kerja.

Merevisi Resume

Kesalahan umum pada resume yang perlu dihindari antara lain :

  1. Terlalu panjang ; Resume tidak ringkas, tidak relevan, dan tidak langsung pada masalah
  2. Terlalu pendek ; Resume tidak memberikan cukup informasi untuk mengevaluasi pelamar dengan layak
  3. Sulit dibaca ; Penulisan resume dengan space terlalu kecil, tanpa paragraf atau keterangan lain yang memudahkan pembaca.
  4. Terlalu banyak kata yang yang tidak perlu untuk menjelaskan sesuatu yang simple
  5. Terlalu rapi ; terlihat bahwa resume tidak dibuat oleh pelamar itu sendiri
  6. Amatir ; Resume berisi informasi yang keliru atau disajikan dengan canggung sehingga menunjukkan bahwa pelamar tidak terlalu memahami bidang tertentu
  7. Dibuat dengan buruk ; hasil cetak tidak jelas dan sulit dibaca atau dicetak pada kertas tidak pantas
  8. Kesalahan ejaan dan tata bahasa ; Hal ini menunjukkan kurangnya keterampilan verbal yang sangat penting dalam pekerjaan
  9. Membual ; Nada yang terlalu percaya diri menjadi tanda tanya apakah evaluasi diri pelamar benar-benar realistis
  10. Tipu muslihat ; Kata, struktur, dekorasi, atau bahan yang digunakan dalam resume menyimpang begitu jauh dari yang biasanya sehingga membuat resume tidak efektif

 

Membuat Resume

Desain yang baik adalah suati keharusan, dan sebenarnya tidak sulit untuk membuatnya. Desain yang baik menampilkan kesederhanaan, keteraturan, spasi yang cukup, dan pemilihan huruf yang tepat. Desain yang berlebihan cenderung menjatuhkan resume, karena sesungguhnya yang ingin dilihat dari sebuah resume adalah informasi didalamnya. Design yang amatir dapat menghilangkan kesempatan memperoleh interview.

Berdasarkan pada perusahaan yang anda lamar, resume dapat dibuat dalam 6 bentuk :

  1. Cetakan Resume Tradisional
  2. Cetakan Resume Yang Dapat Di-Scan
  3. Arsip Plain Text Elektronik
  4. Arsip Text Microsoft Word
  5. Format HTML
  6. Arsip Pdf

Cetakan Resume Tradisional

Resume tradisional dengan kertas masih memiliki tempat di dunia pencarian kerja elektronik. Kertas terbagi menjadi tiga yaitu kertas putih dan kuat yang biasa digunakan untuk fotokopi, kertas  dengan border dan background, dan kertas yang lebih berbobot dan berkualitas tinggi yang khusus didesain untuk resume atau dokumen penting lainnya. Yang sebaiknya digunakan adalah jenis kertas ketiga. Pilihlah yang berwarna putih atau agak putih dari kertas ketiga ini.

Ketika anda siap mencetak resume, pilihlah printer yang baik dan berkualitas. Serta pastikan hasil cetakan tidak memiliki kesalahan sedikitpun.

Cetakan Resume Yang Dapat Di-Scan

untuk menghindari banyaknya resume kertas, banyak perusahaan yang men-scan secara optis setiap resume yang masuk ke dalam database. Para manajer juga menyukai cetakan Resume yang dapat di-scan ini karena mereka dapat melakukan penulusuran kilat resume-resume yang masuk dengan kata kunci tertentu. Munculnya system penelusuran kilat ini berdampak penting terhadap resume. Pertama, computer hanya terarah pada informasi yang sesuai dengan parameter, bukan pada keindahan resume. Kedua, software Optical Character Recognition (OCR) hanya dapat membaca karakter yang tersimpan. Ketiga, bahkan database tercanggihpun tidak dapat melakukan pencarian dengan nuansa dan intuisi seperti manusia.

Solusi untuk persoalan tersebut antara lain dapat dilakukan dengan menggunakan jenis huruf yang sederhana dan desain yang disederhanakan, serta kumpulkan kata kunci dengan seksama. cetakan Resume yang dapat di-scan berisi sama dengan resume kertas, tetapi dibut dengan format yang sesuai dengan software OCR

Arsip Plain Text Elektronik

Apabila anda mempunyai pilihan untuk mengirimkan resume yang dapat di-scan atau memasukkan plain text secara online, maka pilihlah untuk jenis plain text. Termasuk juga ketika pemberi kerja meminta anda mengirimkan resume melalui email, seringkali mereka ingin menerimanya dalam bentuk plain text di bagian isi pesan email.

Plain text tidak memiliki pilihan huruf, tanpa banyak simbol, tanpa warna, serta tanpa garis dan kotak. Hasil pembuatan resume dengan cara ini harus diverifikasi terutama masalah tata letaknya. Demi kesederhanaan  aturlah semua judul di sebelah kiri. Judul dapat dibuat dengan huruf besar atau digarisbawahi untuk memisahkannya dengan teks.

Arsip Text Microsoft Word

Microsoft word merupakan standar dalam bisnis masa kini. Akan tetapi harus diperhatikan apabila ada instruksi khusus dalam mengupload arsip dalam format ini untuk memastikan arsip diterima sesuai dengan yang kita tulis. Selain itu harus dipastikan pula komputer dan arsip kita bebas dari virus, karena apabila penerima resume terinfeksi virus melalui arsip yang dikirimkan tentu akan menimbulkan kesan yang kurang baik.

Format HTML

Format HTML dapat kita upload dalam web pribadi. Apabila pemberi kerja  meminta untuk dikirimi email, dapat ditambahkan URL yang menghubungkan dengan web pribadi tersebut. Ketika membuat desain resume pada situs web, harus dipikirkan kata kunci yang digunakan sebagai hyperlink. Kata-kata yang menarik akan membuat pemberi kerja meng-klik hyperlink itu untuk memperoleh informasi yang lebih banyak tentang pelamar.  Satu hal yang harus diingat adalah bahwa tampilan web pribadi dapat dilihat di seluruh dunia, jadi harus dipikirkan dengan seksama mengenai kerahasiaan

 

Mengoreksi Resume

Perusahaan melihat resume anda sebagai gambaran cara seorang pelamar menyiapkan materi di tempat kerja. Resume harus sempurna, singkat, dengan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca yang benar, serta sesuai dengan format yang diminta. Pelamar harus mengecek ulang resume secara keseluruhan. Pengecekan dapat dilakukan dengan bantuan orang lain agar dapat melihat kesalahan yang tersembunyi.

Setelah resume selesai, harus dilakukan update secara terus menerus. Resume yang update dapat menunjukkan kemajuan karir dan berguna apabila akan melamar pekerjaan di tempat baru.

Mendistribusikan Resume

Pendistribusian resume tergantung pada jumlah pemberi kerja yang anda targetkan dan preferensi mereka dalam menerima resume. Beberapa kiat penyampaian yang umum adalah

  1. Mengeposkan Resume Tradisional Dan Resume Yang Dapat Di-Scan. Perhatikan dengan baik kemasannya. Penggunaan layanan kilat khusus akan lebih baik.
  2. Mengirim Faks  Resume Tradisional Dan Resume Yang Dapat Di-Scan. Jika diketahui bahwa pemberi kerja lebih menyukai resume yang dikirimkan lewat fax, pastikan untuk memasukkan lembar pengantar faks standart, surat pengantar, kemudian resume. Atur mesin faks pada mode “fine” agar hasil cetakan lebih baik.
  3. Mengirim Melalui Email. Sebaiknya sisipkan plain teks pada isi pesan email atau hyperlink di email yang menghubungkan pada resume di web pribadi. Jangan mengirim dokumen word pada lampiran kecuali diminta oleh pemberi kerja.
  4. Menyerahkan Resume Secara Online. Rincian penyerahan resume secara online berbeda-beda dari satu situs ke situs lainnya. Jadi harus dipastikan pelamar membaca setiap instruksi dengan teliti dan meng-upload seperti yang dipersyaratkan.
  5. Memasang Resume Di Situs Web. Jika ingin meletakkan resume di situs web, perlu dibuatkan URL untuk pemberi kerja yang memudahkan mereka menemukan web pribadi pelamar.
  6. Memasang Resume Pada Situs Lowongan Kerja. Pelamar harus mengatahui situs lowongan kerja yang kredibilitas perekrutannya baik. Sebelum mengupload dokumen, bacalah terlebih dahulu perlindungan kerahasiaan, serta syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut.

sumber: Bovee – Business Communication Today