Kaitou Kid (怪盗キッド Kaitō Kiddo a.k.a Phantom Thief Kid)

Kaitou Kid (Kaito Kiddo 怪盗 キッド?, lit. Phantom Thief Kid) adalah karakter utama dalam franchise manga Magic Kaito, dan karakter sering kali muncul dalam franchise manga dan anime Detektif Conan.

PROFIL

Kuroba Kaito
Karakter Detektif Conan & Magic Kaito
Kaito Kid.png
Kaito Kuroba sebagai Kid si Pencuri (Kaito Kid)
Penampilan pertama Manga Magic Kaito jilid 1 (file 1)
Manga Detekif Conan jilid 16 (File 6)
Pembuat Aoyama Gosho
Pengisi suara Jepang
Kappei Yamaguchi
Inggris
Jerry Jewell
Profil
Lahir 21 Juni
Panggilan Lupin of the Heisei Era (Lupin di Zaman Heisei)The Magician Under the MoonlightThe Heisei LupinThe Last Wizard of the Century
Nama lain Kaito Kid, Kid the Phantom Thief, Kid si Pencuri, Kaitou 1412,
Phantom Thief Kid 1412
Usia 17
Jenis kelamin Laki– laki
Keluarga Toichi Kuroba (黒羽 盗一 Kuroba Tōichi?) (ayah, telah meninggal dunia)Chikage Kuroba (ibu)


Kaito Kuroba
 (黒羽 快斗 Kuroba Kaito?) dengan aliasnya Kid si Pencuri (怪盗キッド Kaito Kido?) adalah salah satu tokoh fiksi dalam serial mangaDetektif Conan dan Magic Kaito. Kaito Kid memiliki kemiripan dengan pencuri yang ada di dalam novel Edogawa Ranpo. Mereka sama-sama disebutPhantom Thief. Ia memiliki phobia (ketakutan) terhadap ikan[1], dan tidak bisa berskating.

Kid adalah seorang pencuri dan pesulap yang ahli dalam penyamaran dan sering mengincar barang-barang berharga, tetapi tujuan sebenarnya adalah mencari sebuah batu (batu Pandora/batu keabadian).

Kid selalu mengenakan setelan jas berwarna putih dari sutera, kacamata tunggal di sebelah mata kanannya, dan sering terbang menggunakangantole layang dibalik jubah putihnya. Wajah aslinya mirip dengan Shinichi Kudo.

Kemampuannya menirukan wajah, suara, dan tingkah laku membuat penyamarannya selalu berhasil, namun ada beberapa orang misalnya Saguru HakubaShinichi Kudo, dan seorang teman wanita sekelasnya yang juga merupakan penyihir, Akako Koizumi, kadang bisa merasakan keberadaannya. Kid sering digambarkan sesekali beradu kepintaran dengan Shinichi Kudo (atau Conan Edogawa). Dia sering membantu Conan dalam menyelesaikan kasus tertentu.

Karier

Dalam Magic Kaito

Dalam serial Magic Kaito, Kaito Kid digambarkan sebagai seorang pencuri yang selalu mencuri benda berharga, namum akhirnya difokuskan kepada pencarian batu batu berharga. Karenanya dia selalu dikejar-kejar polisi Jepang namun selalu lolos.

Dalam Detektif Conan

Kid sering menjadi tokoh pendukung dalam kasus-kasus tertentu di Detektif Conan. Kid muncul di manga Detektif Conan jilid 16, 20, 30, 44, 46, 53, 61, 65, 68, dan 70. Kid juga muncul di film tuturan Detektif Conan yang ke-3, 8, 10, dan 14. Kid juga muncul di OVA Detektif Conan yang ke-1, 4, 6, dan 10.

Latar Belakang

Toichi Kuroba

Artikel Utama: Toichi Kuroba

Toichi Kuroba (黒羽 盗一 Kuroba Tōichi?) merupakan Kaito Kid pertama. Toichi sebagai Kid adalah pencuri permata terbesar di Jepang serta tukang sulap terbaik di Jepang sampai ia dibunuh dalam kecelakaan sihir palsu. Beberapa waktu sebelum kematiannya Toichi yang memiliki asisten dan teman bernama Konosuke Jii telah kepadanya bahwa ia tidak akan pernah memberitahu Kaito tentang pencuri itu. [1] Tampaknya ibu Kaito dapat menyadari kehidupan ganda suaminya dan menyadari bahwa Kaito telah  menemukan ruang rahasia Toichi yang berada didalam rumah mereka.

Konosuke Jii

Konosuke Jii (寺井 黄之助 Jii Kōnosuke? digambarkan  menjadi pengganti Kid sementara  setelah delapan tahun kematian Toichi selama kecelakaan sihir palsu dalam upaya untuk memancing keluar pembunuh Toichi. JII berhenti menjadi Kid dan menjadi asisten Kaito saat ia melihat Kaito memang seharusnya menggantikan posisi Toichi sebagai Kaito Kid.

Kaito Kuroba

artikel utama: Kaito Kuroba

Kaito Kuroba (黒羽 快斗 Kuroba Kaito?adalah Kaito Kid saat ini.  Kaito merupakan siswa tahun kedua di  Ekoda High School kelas  2-B bersama teman masa kecilnya   Aoko Nakamori (penyihir wanita Akako Koizumi) dan pelajar pertukaran yang bernama detective Saguru Hakuba. Kaito mengetahui identitas ayahnya sebagai Kaitou Kid asli setelah delapan tahun kematian ayahnya berkat ruang rahasia yang berada didalam rumahnya saat berjalan sambil berbicara dengan asisten sekaligus teman ayahnya, Konosuke Jii.

karena inign menggantikan tempat yang Jii lepaskan, Kaito melanjutkan peran menjadi Kaitou Kid sebagai upaya untuk memancing pembunuh ayahnya dengan cara menjadikan kaito kid dikenal oleh dunia sekali lagi. Tidak sampai pencurian  Blue Birthday para pembunuh muncul dan mengatakan bahwa mereka mencari pandora berpermata doublet merah, yang dikatakan dapat meneteskan air mata keabadian selama periode berlalunya komet tertentu.

Setelah menyadari tujuan organisasi dan bahwa ayahnya dibunuh karena penolakannya untuk membantu mereka dalam mendapatkan Pandora tersebut, Kaito Kid bersumpah sebagai Kaito untuk menemukan Pandora berpermata  pertama yang pertama kali dan menghancurkannya menjadi potongan-potongan [3].

Kepribadian

Toichi sebagai Kid

tidak banyak informasi yang ada tentang Toichi sebagai Kaitou Kid. bagaimanapun juga, kita tau bahwa pada suatu waktu tertentu sebuah organisasi hitam memaksanya untuk mencuri permata untuk mendapatkan pandora. dan penolakkannya berarah kepada kematiannya pada  “magic accident.”

Jii sebagai Kid

setelah kematian toichi, jii hidup menyendiri. Selama delapan tahun, ia menumpuk kemarahan sampai pada akhirnya dia mengenakan kostum Kaitou Kid untuk memancing keluar organisasi yang telah menewaskan Toichi. namun ia hanya pernah mengenakan kostum sebagai Kid dua kali sebelum Kaito mengambil alih.

Kaito sebagai Kid

Baik di dalam kehiduman sipil dan kehidupan dalam kostum, Kaitou Kid adalah seorang pesulap kompulsif yang menyukai berbagai tantangan apapun hanya sekedar untuk   kesenagan semata dan untuk mengatasi  segala jenis bahaya pada akhirnya. Kid terkenal buruk karena memiliki sikap terlalu percaya diri (mendekati titik arogansi) , dan selalu lebih memilih untuk membuat ledakan sebesar mungkin. ia tidak lain hanya menyukai untuk mempermainkan polisi dalam mengejarnya, memberi kesempatan untuk hampir menangkapnya sebelum cara menghilannya yang menankjubkan. tampaknya ia memiliki sisi lembut kepada para fansnya, ada lebih dari satu kejadiaan dimana Kid menolak untuk mempertunjukkan aksinya ketika polisi mencegah masyarkat untuk menyaksikan pertunjukkannya. Biasanya, saat kejadian seperti ini terjadi, salah satu trik andalan kid adalah kemampuannya untuk membaur bersama kerumunan masyarakat.

Kaito Kid juga cukup memikat, sepertinya ia selalu tahu apa yang harus dikatakan kepada para wanita untuk membuat mereka tak bisa berkata-kata. Kid tidak suka melihat orang lain terluka, dan ia tidak pernah ragu-ragu untuk menyelamatkan seseorang, baik secara fisik atau mental. Meski mendapatkan reputasi yang rendah dibeberapa wilayah, Kid tetap memiliki harga diri yang tinggi karena ia tidak akan melakukan pencurian jika rampasan tersebut tidak memiliki tujuan selain untuk menantang skill trik menipunya, tidak mengandung pandora, atau disaat ada seseorang yang melatar belakangi (punya kepentingan tertentu) terhadap barang berharga tersebut.  Alasan2 inilah yang melatar belakangi  mengapa ia dan cona pada akhirnya seringkali  bekerjasama untuk alasan yang sama.

Untuk beberapa alasan yang belum dapat dijelaskan, Kaito menderita  ichthyophobia (takut ikan) yang parah.

Penampilan

Kid memiliki rambut coklat tua dengan pinggiran yang berakhir tepat di atas matanya, tapi sisa rambutnya biasanya ditutupi oleh topi putih dengan pita pita biru. Saat mengenakan kostumnya, mata kanannya akan tertutup oleh  lensa tunggal putih dengan sejenis jimat bergambarkan daun semanggi putih yang menjuntai .

kostum kid terdiri dari jas putih dengan kemeja biru dan dasi merah serta celana panjang putih. Hang Glider Cape berwarna putih tersematkan di belakang punggungnya. Kid memakai kaus kaki biru dengan gaya sepatu putih Oxford dengan sol putih. Dalam penampilan aslinya Kid  memakai sepatu kasual berwarna putih.

Kid adalah master penyamaran dan telah terlihat menyamar sebagai beberapa orang sepanjang perjalanan Detektif Conan dan Magic Kaito.

Gambaran Alur Cerita

Daftar penyamaran yang digunakan

artikel utama: Disguise

Kaitou Kid telah menggunakan banyak penyamaran sepanjang series. berikut adalah yang pernah dikaetahui untuk digunakan sejauh ini:

Kaito Kuroba dalam penyamaran

Kaitou Kid briefly impersonated Sonoko’s father to sneak aboard a cruise ship

Kaitou Kid disguised as Ran to snatch the Suzuki family’s Black Star Pearl.

Rearrange the letters in “Katsuki Doito” to make Kaitou Kid.

Kogoro not smoking tipped Conan off that the sleeping detective had been replaced.

Kaitou Kid borrows Jirokichi’s motorbike and face for a getaway.

As a creepy old treasure hunting woman

TV crew member Kid.jpg

TV crew can get close to the scene of a crime

Kid helps solve a murder

Kid seems to enjoy cute girl disguises…

Disguising as his rival

Kid proves he can even disguise as a child

Disguising as one of Nakamori’s officers to escape.

Fake museum guest

As a heavy man to hide lots of forged goods under his clothes

Kaito scopes out the location of his next heist as a maid, with his assistant Konosuke Jii in disguise as an old woman.

Conan coerces Kaitou Kid to face Bourbon as Shihoin an explosive laden luggage car

In Movie 3, Kid disguised as Shiratori

Shinichi and Kid look so alike, only a hairstyle change is needed

Kid used Isao Shinjo to scope out a ring in Movie 8

Kid disguising Hakuba temporarily joined the teenage detective ranks inMovie 10

Relationships analysis

Family & Friends

Kaito dan Aoko.

Aoko Nakamori

Kaito dan Aoko Nakamori telah bersahabat sejak masih anak-anak dan bertemu pertama kalinya di menara jam (clock tower).[4] mereka digambarkan serupa dengan pasangan Shinichi Kudo dan Ran Mouri (termasuk bagaimana cara pengambaran karakternya), kecuali pasangan ini dibuat lebih bodoh. Kaito sering kali mengerjai Aoko dengan cara membalik roknya. bagaimanapun jugar, terlihat bahwa Kaito cukup melindungi Aoko dan terlihat tidak ingin aoko berkencan dengan  Saguru Hakuba. Aoko sedikit curiga bahwa Kaito sebenarnya adalah Kaitou Kid, dan untuk membuktikan kecurigaannya, aoko mengajak kaito menonton film dimana akan ada pencurian yang yang telah direncanakan. Aoko menahannya untuk duduk, tapi kaito berhasil untuk melarikan diri, sehingga hal ini menghilangkan kuciragaan aoko terhadapnya. Keduanya terlihat memiliki perasaan khusus terhadap satu sama lain tapi tidak ada atau belum ada yang mengakuinya. 

Akako Koizumi

Sejak kemunculan pertama Akako di Volume 1, ia mencoba untuk mendapatkan Kaito dengan apapun caranya, termasuk menggunakan boneka voodoo dan menyakiti kaito dalam prosesnnya. Obsesi Akako pada Kaito berasal dari Kaitou Kid (yang ia sadari merupakan Kaito) sebagai satu-satunya pria di dunia yang dapat menghentikannya. Meskipun  Akako melukai Kaito saat konfrontasi pertama mereka, Kaito sebagai Kid bersikap  selayaknya seorang gentleman dan mendorong Akako untuk menjadi dirinya sendiri untuk mendapatkan seseorang yang menyukainya dan bukannya memaksa mereka dengan  sihir.[5]  Di Volume 2, Akako menyatakan rasa sukanya pada Kaito di depan Aoko.[8]

Saguru Hakuba

Hubungan anatara  Hakuba dan Kaito terdapat sedikit ketegangan didalamnya, karena Hakuba meyakinkan dsirinya sendiri sejak awal bahwa  Kaito bukanlah Kid, dan selama volume pertama dia terus-menerus menyangkal begitu saja komentar yang menunjukkan kecurigaannya. Bagaimanapun juga, kemudian di manga, kita mendapatkan adegan kecil dimana Hakuba menelpon Kaito dari Paris untuk memberikan beberapa informasi tentang ‘Chat Noir’, seorang pencuri permata berbahaya yang berusaha menghilangkan Kid.[9] 
Meskipun Kaito selalu  menyangkal dengan keras menjadi Kid, Hakuba tetap memberinya informasi, dan mengakhiri percakapan , “setidaknya lakukanlah usaha terbaikmu. aku tidak mau melihatmu kalah pada siapapun sebelum aku berhasil menakapmu sendiri”. Apakah motive sebenarnya ia melakukan hal itu tidaklah diketahui.

Lainnya

Conan Edogawa

Hubungan antara Kid dan Conan sangat penuh persaingan. Kid seringkali merasakan Conan adalah hambatan bagi rencananya. Conan terlihat tidak menyukai  Kid, dan pernah berkata “ia hanyalah pencuri yang menggunakan trik sulap/sihir” [10].  bagaimanapun juga, kalau diperlukan, keduanya bisa mengesampingkan persaingan (untuk sementara) dan bekerjasama.[11].
Didalam filmya, Kid menyadari bahwa Conan adalah Shinichi setelah ia mendengarkan Conan berbicara dengan Professor Agasa menunjukkan terlalu banyak pengetahuan yang berkaitan dengan kriminal dari serorang anak berumur 7 tahun.[12] Pada akhirnya, ia menggunakan identitas    Shinichi baik untuk kepentingannya atau untuk menantang Conan pada saat bersamaan, ataupun untuk membayar kembali bantuan yang pernah  Conan lakukan untuknya. karena tidak dijelaskan dalam filmnya maka tidak diketahui apakah Kid tahu bahwa Conan adalah Shinichi di manga resminya. Ada juga spekulasi lainnya tentang Conan mengetahui bahwa Kid tidak mencuri secara asal. Pada akhir OVA 4: Conan, Kid, dan Crystal Mother, ekspresi wajah Conan berubah sangat serius saat ia ingat kalimat yang pernah dikatakan Kid, “Lain kali, aku akan membantu diriku sendiri akan  Jewel of Destiny.” Di film 14, Conan meminta Kiduntuk menyamar sebagai dirinya untuk sementara. Di dalam Mystery Train Arc; Chapter 824. Kid menyamar sebagai Sherry dan menipu Bourbon danVermouth dan membantu Conan memperdaya kembali Black Organization .

Orang-orang yang tahu jati diri Kaitou Kid yang sebenarnya

Characters dalam detective conan yang mengetahui bahwa Kaito Kuroba sebenarnya Kaitou Kid adalah Konosuke JiiAkako Koizumi, Ruby Jones, dan Chikage Kuroba. Characters yang curiga tentang Kaito adalah Ginzo NakamoriAoko Nakamori, dan Saguru Hakuba.

Character popularity

  • eBookJapan held a character popularity poll from April 12, 2011 to May 12, 2011 in which readers of Detective Conan (international included) could vote for their favorite character. Kid placed 1st in the poll with 1,460 votes out of the 5,883 that were cast.[13]
  • Kid placed 2nd in the results of a poll ranking the top 3 “ikemen” (“good-looking men”) of the series aired during the promotional special for The Lost Ship in the Sky.[14]
  • In honor of the release of the 15th movie, Quarter of Silence, the official Conan movie website held a popularity poll for the top 10 Detective Conan characters. Kaito Kuroba/Kaitou Kid placed 2nd out of 10 with 18.99% of the votes cast.[15]
  • In honor of the release of the 800th manga chapter, Shonen Sunday held a popularity poll/contest containing 91 Detective Conan characters to choose from. Kaito Kuroba/Kaitou Kid placed 2nd overall with 1,696 votes.[16]

Name origin

Originally referred to as Kaitou 1412, Yusaku Kudo saw a reporter’s hastily scribbled “1412” on a piece of paper and purposely misread it as “KID”. Thus, Yusaku named the Kaitou Kid. [17]

Quotes

Smiles and laughter are always good, but never forget your Poker Face.
A thief is a creative artist who takes his prey in style… But a detective is nothing more than a critic, who follows our footsteps…
You are right. I am not a detective, but a thief. And stealing is what thieves do best, even if it’s a persons heart.
Better not.. Just because you don’t know what’s in it, and want to open Pandora’s box, because if you know what’s inside the box before you open it, it won’t be interesting at all!

In other languages

Language   ↓ Name   ↓
Flag of Japan Japanese 怪盗キッド Kaitou Kid
Flag of US English Phantom Thief Kid
Flag of France French (Kid l’Insaisissable)/Kid Cat Burglar/Kaito Kid
Flag of Spain Spanish Kaitou Kid / Kid el Ladrón (Kid the Thief) in the dubbed anime
Flag of Germany German “Kaito Kid”, “Meisterdieb 1412” or “Phantom Kid”
File:Flag of Galicia.svg Galician Caco Kid
File:Flag of Gatalonia.svg Català Kid 1412 / Kid Kat, el lladre / Kaito Kid
Flag of Vietnam Vietnamese Siêu trộm Kid / Siêu đạo chích Kid / Đạo tặc Kid
Flag of Saudi Arabia Arabic الفتى اللص Al-Fatah Al-Lis
Flag of Malaysia Malay Kaitou Kid / Thief Kid
Flag of Indonesia Indonesian Kid si Pencuri, Kaito Kid in late episodes/chapters
File:Flag of Taiwan.svg Taiwan 怪盜基德
Flag of Thailand Thai จอมโจรคิด
Flag of Philippines Filipino Kid Cat Burglar
Flag of Italy Italian Kaito Kid (manga), Kid il ladro/Furto Kid/Ladro Kid (anime)
Flag of Finland Finnish Kaito Kid (DC), Kaitou Kid (MK)
File:Flag of Korea.svg Korean 괴도키드 “Gwedo Kid

Trivia

  • Kuroba (Kaito and Toichi’s family name) is also a way to pronounce “clover” in Japanese. This is most likely why a clover appears on Kaitou Kid’s monocle.
  • Kaitou Kid was clearly modeled after the fictional gentleman thief Arsène Lupin, by French author Maurice Leblanc. In the French-speaking world, Lupin is as famous as Sherlock Holmes is in the English-speaking world. Interestingly, Holmes appeared in several Arsène Lupin stories; however, after Conan Doyle protested due to copyright laws, Leblanc changed the name to “Herlock Sholmes.”
  • Kaitou Kid signs his heist notes with a drawing of his face in abstract. He re-draws this insignia for each note, so that police will know that it was truly him and not an imitator using a scanned copy of a former insignia.
  • Akako Koizumi once dressed up as the Kaitou Kid to trick Saguru Hakuba into thinking Kaito was innocent. During her escape with the target jewel, she screamed in a revealingly girly manner, causing Aoko to deduce that the Kaitou Kid must be a homosexual.
  • In both the Japanese and English dub, Kaito Kuroba/Kaitou Kid shares the same voice actor as that of Shinichi Kudo.

References

  1. ^ Aoyama, Gosho (1988-05-15). “The Resurrected Kaitou” (in Japanese). Magic Kaito1. Tokyo: Shogakukan. p. 35. ISBN 4-09-122081-9.
  2. ^ Aoyama, Gosho (1988-05-15). “The Resurrected Kaitou” (in Japanese). Magic Kaito1. Tokyo: Shogakukan. p. 20. ISBN 4-09-122081-9.
  3. ^ Aoyama, Gosho (1994-10-15). “Blue Birthday” (in Japanese). Magic Kaito3. Tokyo: Shogakukan. p. 144. ISBN 4-09-122093-5.
  4. ^ “Episode 219: The Gathering of the Detectives! Shinichi Kudo vs. Kaitou Kid”
  5. ^ Aoyama, Gosho (1988-05-15). “The Scarlet Temptress” (in Japanese). Magic Kaito1. Tokyo: Shogakukan. p. 180. ISBN 4-09-122081-9.
  6. ^ Aoyama, Gosho (1994-10-15). “Akako’s Delivery Service” (in Japanese). Magic Kaito3. Tokyo: Shogakukan. p. 93-95. ISBN 4-09-122083-5.
  7. ^ Aoyama, Gosho (1994-10-15). “Akako’s Delivery Service” (in Japanese). Magic Kaito3. Tokyo: Shogakukan. p. 100-103. ISBN 4-09-122083-5.
  8. ^ Aoyama, Gosho (1988-11-15). “Let Go of Him” (in Japanese). Magic Kaito2. Tokyo: Shogakukan. p. 11. ISBN 4-09-122082-7.
  9. ^ Aoyama, Gosho (1994-10-15). “Golden Eye Part 1” (in Japanese). Magic Kaito4. Tokyo: Shogakukan. p. 18. ISBN 4-09-122093-5.
  10. ^ Anime Episode 515: Kaitou Kid’s Teleportation Magic
  11. ^ OVA 10: Kid in Trap Island
  12. ^ Movie 03: The Last Wizard of the Century
  13. ^ “『名探偵コナン』 人気投票結”. eBookJapan. 2011-05-12. http://www.ebookjapan.jp/ebj/special/conan/vote_kekka2.asp. Retrieved on 2011-05-15.
  14. ^ The Lost Ship in the Sky Special Edition Blu-ray
  15. ^ “名探偵コナン「キャラクター人気投票」”. http://www.conan-movie.jp. 2011. http://www.conan-movie.jp/camp_chara/camp15th_res.html. Retrieved on 2011-08-12.
  16. ^ “Shonen magazine detective conan official poll results published [magazine pic“]. eva. 2012-02-28. http://forum.dctp.ws/index.php?topic=8024.msg651566#msg651566. Retrieved on 2012-02-29.
  17. ^ Aoyama, Gosho (1996-18-01). “File 3” (in Japanese). Detective Conan55. Tokyo: Shogakukan. p. 151. ISBN 4-09-120628-X.

credit to: http://www.detectiveconanworld.com