apa sih RSS?

Mungkin sebagian besar dari kita bertanya-tanya mengenai hal yang satu ini. Apa RSS itu?. Memang, RSS Feed tergolong salah satu pemain pendatang baru yang ikut dalam meramaikan dinamika dunia internet. Apakah kamu seorang blogger?? Jika jawabanmu ya, maka kamu akan akrab dengan RSS ini. Hampir setiap provider blog menyediakan fasilitas ini. Pun tidak hanya dari kalangan blogger saja, melainkan situs-situs besar sekarang pun memakai jasa ini. Terbukti lebih efektif.

Apa RSS Feed itu?
RSS merupakan kependekan dari Rich Site Summary (untuk RSS versi 0.91), RDF Site Summary (untuk RSS Feed versi 0.92),Really Simple Syndication (RSS versi 2.0). Dan perkembangannya untuk saat ini, RSS telah pada versi 2.0.
RSS adalah format file XML yang digunakan untuk web syndication, yakni menyediakan sebagian isi website untuk keperluan website lain. File berformat XML inilah yang dinamakan RSS Feed. Software pembaca RSS Feed dinamakan RSS Agregator. Software ini dipakai untuk memudahkan kita membaca RSS Feed tersebut. Contoh dari aplikasi ini yaitu Mozilla Thunderbird.
Jika kita sering mengunjungi website-website tertentu secara berkala, tentu hal tersebut sangat memakan waktu dan biaya. Dengan mendaftar pada RSS Feed suatu situs, kita bisa mendapatkan ringkasan content situs tersebut. Sehingga ketika situs tersebut melakukan up date, kita akan mendapatkan ringkasannya, tanpa harus melakukan log in ke situs tersebut dan tanpa diharuskan mendownload content-content yang tidak perlu seperti images dan teman-temannya.
Web yang dibangun berbasis RSS, mengijinkan kita untuk berlangganan pada suatu situs yang menyediakan umpan feed. Kita bisa menggunakan layanan pengumpul yang tersedia banyak di internet. Sebagai contoh Google Reader, Bloglines dan masih banyak yang lainnya. Jika kita diharuskan mengeluarkan biaya dalam berlangganan koran atau majalah, maka dengan layanan pengumpul kita bisa mendapatkannya tanpa biaya alias gratis.🙂